RAMBU-RAMBU DALAM PERGAULAN

 

Assalamu’alaikum wr wb.

Sobat Moeka yang dirahmati Allah, semangat pagi, salam sehat untuk kalian semua. Semoga hari ini kalian bahagia, sehat,  tetap sholeh dan sholihah.

Sambil menghirup aroma mendung pagi yang segar mari kita belajar bagaimana bertanggung jawab secara social, salah satunya dengan memahami dan mentaati rambu-rambu dalam pergaulan, sehingga dapat menentukan pergaulan remaja yang baik.

Dalam pergaulan antar manusia baik tingkat kampong maupun tingkat internasional atau kita sebut pergaulan antar bangsa selalu diperlukan etika atau lebih tepatnya etiket ( sopan santun ) pergaulan. Hal ini merupakan fitrah manusia bahwa manusia memiliki rasa ingin dihargai oleh orang lain dan sekaligus ingin menghargai orang lain. Sehingga ungkapan yang terkenal dalam kehidupan sehari-hari  adalah “ jika ingin dihargai oleh orang lain, maka hargailah orang lain “ dan rasa ingin menghargai orang lain inilah , seseorang berupaya bersikap dan berperilaku sopan. Intinya adalah bagaimana kita bersikap dan bertingkah laku sopan kepada orang lain.

Pergaulan remaja sendiri dipengaruhi oleh beberapa hal antara lain.

< !--[if !supportLists]-->1       Faktor umur

Faktor umur menentukan bentuk hubungan sosialisasi pelaku, setiap jenjang usia berbeda. Dapat dikatakan baik apabila bentuk pergaulan oleh dan untuk umur sebaya

< !--[if !supportLists]-->2       Faktor Pekerjaan, berpengaruh juga terhadap bentuk pergaulan. Setiap bidang kerja berbeda pula bentuk pergaulanya.

< !--[if !supportLists]-->3       Faktor keterikatan, misalnya pelaku organisasi social, partai politik, peserta didik, tentu cara bergaulnya akan berbeda

< !--[if !supportLists]-->4       Faktor lingkungan, pergaulan dalam lingkungan masyarakat yang berbagai macam baik dari sisi pendidikan, kegiatan, status social, pekerjaan dan lain-lain memerlukan penyesuaian yang sangat hati-hati.

 

Yuk kita cermati bagaimana  dan seperti apa rambu-rambu dalam pergaulan, agar kita senantiasa mampu membina hubungan baik dengan orang lain

< !--[if !supportLists]-->1       Hindari penghinaan

Jangan pernah melakukan hal-hal yang bersifat merendahkan, ejekan, dan penghinaan dalam bentuk apapun terhadap orang lain, baik tentang kepribadiannya, postur tubuhnya, kemampuan dan keadaan sosialnya. Karena hal ini akan menimbulkan rasa sakit hati dan dendam. Hindari candaan yang sifatnya menghina.

< !--[if !supportLists]-->2       Hindari ikut campur urusan pribadi

Tidak usah ikut campur dalam urusan pribadi seseorang yang tidak ada manfaatnya bagi kita. Agar tidak menimbulkan ketidaksukaan pada salah satu pihak.

< !--[if !supportLists]-->3       Hindari memotong pembicaraan

Memotong pembicaraan orang lain adalah sikap yang tidak disukai dan bisa menimbulkan kebencian. Kita sendiri pasti tidak suka bila sedang berbicara kemudian tiba-tiba dipotong dan disangkal oleh orang lain.

< !--[if !supportLists]-->4       Hindari membanding- bandingkan

Jangan sekali-kali membandingkan orang lain, baik berupa jasa, penampilan, kebaikan, perbuatan, harta, profesi dan sebagainya. Ingat ya, setiap orang punya kelebihan juga punya kekurangan.

< !--[if !supportLists]-->5       Jangan membela musuhnya dan mencaci kawannya

Setiap orang mempunyai kawan yang disukai maupun yang dibenci. Bila membela musuhnya, maka kita akan bergabung dengan musuhnya. Sedangkan apabila kita membenci kawannya maka kita akan dianggap sedang mencaci dirinya.karena orang itupun akan merasa terhina jika temannya dihina. Bersikap netral untuk kebaikan semua pihak. Dalam bergaul sebaiknya kita memprioritaskan memperbanyak teman bukan lawan.

< !--[if !supportLists]-->6       Hindari merusak kebahagiaan

Bila seseorang tengah bersuka cita, gembira dan bahagia jangan sekali-kali kita melakukan tindakan yang merusak kebahagiaan atau kegembiraannya saat itu juga.

< !--[if !supportLists]-->7       Jangan mengungkit masa lalunya.

Janganlah mengungkit kesalahan, aib atau kekurangan yang sedang berusaha dia tutupi. Siapa tahu kelemahan dan kesalahan masa lalunya sudah terhapus dengan ia bertaubat. Belajarlah untuk bersama-sama membuka lembaran baru yang bersih dan bersemangat untuk mengisi lembaran tersebut dengan kebaikan demi kebaikan

< !--[if !supportLists]-->8       Hati-hati dengan marah

Kemarahan yang tak terkendali dapat menyebabkan kata dan perilaku yang keji, yang akan melukai perasaan orang lain. Hal ini tentu saja dapat merusak atau menghancurkan hubungan baik di lingkungan manapun.

< !--[if !supportLists]-->9       Hindari mentertawakan orang lain.

Sebagian besar sikap mentertawakan muncul karena menyaksikan kekurangan orang lain. Sikap, penampilan dan wajah terkadang membuat sebagian orang tertawa karena terlihat  lucu dimata mereka. Ingatlah tertawa yang tidak pada tempatnya akan mengundang rasa sakit hati dan merasa terhina. Berbagai macam rambu-rambu yang harus kita patuhi dan berbagai bentuk perilaku yang harus kita hindari agar hubungan kita dengan teman-teman kita berjalan baik.

 

Nah itu sobat muda…rambu-rambu dalam pergaulan. Kalian bisa datang di ruang konseling setiap saat ya.. hubungi 0812 2880 0992

Sumber diambil dari buku materi bimbingan dan konseling SMK dan berbagai sumber.

Saat ini SMK Muhammadiyah Karangmojo juga sudah membuka pendaftaran Indent, segera ajak adik- adik kalian untuk mendaftarkan diri di link https://ppdb.smkmuhkarangmojo.sch.id/ atau bisa menghubungi 087839839710 ( call/wa)

 

Bagikan artikel ini ke