Assalamu’alaikum Sobat Moeka….

Kalian tentunya pernah mengunjungi tempat seperti gambar di atas kan? Pastinya kalian sudah mengetahui bahwa tempat tersebut adalah tempat mengisi bahan bakar kendaraan bermotor. Tapi pernahkah kalian memperhatikan tugu yang ada di depan SPBU tersebut. Pada tugu itu terdapat tulisan beberapa produk yang dijual di SPBU, seperti bio solar, premium, pertalite, pertamax dan pertamax plus. Sebenarnya premium, pertalite, pertamax dan pertamax plus masih tergolong satu jenis yaitu jenis bensin (gasolin). Coba kalian perhatikan lagi dengan teliti, dibelakang produk pertamax terdapat tulisan angka “92” dan pada produk pertamax plus terdapat angka “95”. Selain itu, jenis kendaraan yang menggunakan bahan bakar premium berbeda dengan kendaraan yang menggunakan pertamax dan pertamax plus.

Angka “92” dan “95” pada produk pertamax dan pertamax plus ini disebut bilangan oktan. Bilangan oktan adalah bilangan yang menunjukkan persen volume isooktana pada bensin. Bensin yang banyak mengandung hidrokarbon rantai lurus, misalnya n-heptana sangat mudah terbakar dalam mesin sehingga akan menimbulkan bunyi ketukan (knocking) yang mengakibatkan mesin mudah rusak. Sedangkan hidrokarbon rantai bercabang pada bensin, yaitu isooktana akan menimbulkan sedikit ketukan dan membuat kerja mesin lebih halus. Jadi, kualitas bensin ditentukan oleh jumlah ketukan (knocking) yang ditimbulkan mesin yang dinyatakan dengan bilangan oktan. Makin sedikit jumlah ketukan maka makin tinggi bilangan oktannya yang berarti makin baik kualitas bensinnya. Bilangan oktan 100 berarti bensin tersebut setara dengan isooktana murni dalam hal sifat pembakaran. Sedangkan bilangan oktan 0 berarti bensin tersebut setara dengan n-heptana murni. Bilangan oktan 92 berarti bensin tersebut terdiri dari 92% isooktana dan 8% n-heptana.

Itulah sedikit ulasan tentang bilangan oktan pada bensin. Semoga dapat bermanfaat yaa…..

Sumber diambil dari buku pelajaran Kimia dan berbagai sumber.

 

Saat ini SMK Muhammadiyah Karangmojo juga sudah membuka pendaftaran Indent loohh, segera daftarkan diri kalian di link pendaftaran:  https://ppdb.smkmuhkarangmojo.sch.id/ atau bisa menghubungi 087839839710 (call/wa)

Bagikan artikel ini ke