Pada 13 November 2021, Pimpinan Ranting Ikatan Pelajar Muhammadiyah (PR IPM) SMK Muhammadiyah Karangmojo melaksanakan Musyawarah Ranting yang pertama (MUSYRAN I). Musyawarah Ranting merupakan permusyawaratan tertinggi tingkat Ranting yang diadakan satu tahun sekali setiap akhir periode. Tujuan diadakannya Musyawarah Ranting antara lain, sebagai evaluasi pimpinan, wadah merumuskan program kerja periode selanjutnya, dan yang paling penting sebagai jembatan untuk meregenerasi kader-kader pelopor dan pelangsung dakwah Muhammadiyah.

Musyawarah Ranting I yang dibuka secara resmi oleh Kepala SMK Muhammadiyah Karangmojo ini bertajuk “Mewujudkan Gerakan Pelajar Berkemajuan Dengan Revitalisasi Gerakan dan Optimalisasi Peran”. Dalam sambutannya, Bapak Munawar S.Pd.I menyampaikan bahwa revitalisasi gerakan sangatlah penting dalam regenerasi kader muda Muhammadiyah. Setiap kader wajib memiliki budi pekerti dan berperilaku baik agar dapat menjadi teladan bagi orang disekitarnya. Beliau mengatakan pula, kader Muhammadiyah haruslah memiliki karakter 4C yakni Critical Thingking (Berpikir Kritis), Creativity (Kreativitas), Communication (Komunikasi), dan Collaboration (Kerja sama).

Selain dihadiri oleh Kepala Sekolah, Musyawarah Ranting I juga dihadiri perwakilan Pimpinan Cabang (PC) IPM Ponjong. Ipmawan Faizin Ardiansyah mengutip ucapan K.H. Ahmad Dahlan: “Dadia Kyai sing kemajon, lan aja kesel anggonmu nyambut gawe kanggo Muhammadiyah” (Jadilah manusia yang maju, dan jangan lelah dalam bekerja untuk Muhammadiyah). Ungkapan ini mempelopori majunya pendidikan Muhammadiyah yang pada akhirnya mampu melahirkan organisasi ortonom termasuk IPM.

Sebanyak 35 peserta mengikuti rangkaian acara Musyawarah Ranting I dengan tertib dan khidmat. Mereka sangat aktif dalam menyampaikan pendapat dan usulan masing-masing. Besar harapan IPM periode 2020/2021 untuk periode selanjutnya. Kami berharap, kepemimpinan selanjutnya mampu meneruskan gerakan Muhammadiyah Dakwah Amar Ma’ruf Nahi Munkar.

Akhir kata, teruntuk kader IPM ESKAMOEKA: “Berdiri, tegaklah, tampilah di muka. Ikrarkan bersama IPM Berjaya”

Bagikan artikel ini ke