Assalamu’alaikum Wr Wb

Semangat pagi guys…meski hujan mengguyur sepanjang hari tetap semangat memperjuangkan masa depan ya guys…jangan pernah lelah untuk terus mengupayakan diri menjadi pribadi yang hebat.

Semangat untuk selalu bersyukur atas segala proses yang Allah berikan kepada kita, sabar dan ikhlas melewati segala rintangan. Sehingga waktu akan membentuk kita menjadi pribadi yang tangguh dan kuat.

Hai guys, ketemu lagi di ruang konseling ya…yuks sekalian dimanfaatkan ruang ini untuk media curhat, tanya-tanya, atau sekedar ngobrol tanpa tema sembari bercerita…

Kali ini kami mengambil tema tentang napza ya guys…simak terus ya..

Tanggal 17 september yang lalu harian Kedaulatan Rakyat menulis berita yang cukup mengejutkan yaitu tentang adanya 2 pabrik narkoba yang beroperasi di Yogyakarta kota kebanggaan kita bersama.  Di daerah sleman dan bantul ditemukan 2 pabrik narkoba yang memproduksi 420 juta butir obat keras ilegal dan psikotropika per bulan. Jumlah yang sangat fantastis….benar-benar ancaman besar bagi generasi muda Indonesia.

Kita semua tahu kan guys bahaya narkoba bukan hanya pada perilaku dan kondisi psikis penggunanya, lebih dari itu narkoba sangat membahayakan kesehatan tubuh secara umum, bahkan bisa menimbulkan gangguan yang sifatnya permanen pada beberapa organ tubuh.

Nah kali ini akan kita sampaikan dampak apa yang terjadi dalam diri kita ketika mengkonsumsi narkoba. Agar kita makin kuat mental untuk menyatakan say no to drugs.

Dampak narkoba terhadap fisik

< !--[if !supportLists]-->1.       Kerusakan organ seperti jantung, paru-paru, hati, Ginjal dan lain-lain

< !--[if !supportLists]-->2.       Pengguna akan merasakan sakaw yang konon katanya sangat menyiksa ( gejala putus obat, atau ketergantungan yang tinggi terhadap narkoba, sehingga ketika tidak mengkonsumsi akan terjadi sakaw )

< !--[if !supportLists]-->3.       Tertular penyakit berbahaya

Dampak terhadap Psikis

                Cemas/takut, berhalusinasi, agresif, mudah curiga, menutup diri, mudah tersinggung, acuh dll.

Dampak terhadap kehidupan sosial

                Suka membolos ( bagi pelajar ), berbohong, prestasi menurun, mencuri, merampok, mengganggu kestabilan pekerjaan dll

Dampak ekonomi

< !--[if !supportLists]-->1.       Narkoba mahal, uang terbuang percuma, jika kecanduan biaya perawatan dan rehabilitasi sangat mahal

< !--[if !supportLists]-->2.       Pecandu narkoba kinerjanya tidak bagus, ada kemungkinan kehilangan pekerjaan jika pelajar banyak kemungkinan gagal dalam menyelesaikan study

Nah guys..sangat merugikan diri kita kan. Lalu apa yang harus kita lakukan agar mampu mencegah untuk tidak terjerumus penggunaan narkoba ? ada 8 cara  dari BNN yang bisa kita adopsi agar kita mampu mencegah penggunaan narkoba.

< !--[if !supportLists]-->1.       Jangan pernah menggunakan narkoba/ narkotika, kecuali untuk alasan pengobatan serta terapi

< !--[if !supportLists]-->2.       Mencari tahu tentang apa itu narkoba serta dampak negatif bagi kesehatan tubuh ( banyak-banyak membaca literasi tentang narkoba ya guys )

< !--[if !supportLists]-->3.       Memilih lingkungan pergaulan yang baik

< !--[if !supportLists]-->4.       Melaksanakan berbagai kegiatan positif seperti belajar, berolah raga, atau mengembangkan bakat kalian

< !--[if !supportLists]-->5.       Gunakan waktu luang untuk bersantai bersama keluarga, belajar, berolah raga, ataupun melaksanakan kegiatan positif lainnya.

< !--[if !supportLists]-->6.       Jika memiliki permasalahan jangan gunakan narkoba sebagai pelarian atau jalan keluar, sebagai orang yang beragama pasti tahu kita harus  mengadu kemana, ruang konseling juga terbuka lebar untuk mendengarkan keluh kesah kalian ya guys

< !--[if !supportLists]-->7.       Menolak ajakan untuk mengkonsumsi narkoba dengan tegas

< !--[if !supportLists]-->8.       Yang paling penting tingkatkan terus ketaqwaan kita kepada Alloh SWT

 

Segini dulu ya guys beberapa hal mengenai dampak narkoba dan cara pencegahanya, sekali lagi jika ada hal-hal yang perlu di diskusikan bisa japri langsung ke nomer 0812 2880 0992.

Selamat meraih masa depan gemilang tanpa narkoba….katakan tidak pada segala hal yang berbau narkoba.

Salam sukses..

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Bagikan artikel ini ke