OLEH H. UNTUNG SANTOSA

Dalam hadis Rasulullah Saw: Dari Nu'man bin Basyir berkata: saya mendengar Rasulullah Saw. Bersabda:

? ?? ??? ?? ????? ???? ??? ???? ??? ????? ??? ???? ???? ??? ????? ??? ??? ??? ?????

"Ketahuilah sesungguhnya dalam jasad terdapat segumpal daging, apabila dia baik maka jasad tersebut akan menjadi baik, dan sebaliknya apabila dia buruk maka jasad tersebut akan menjadi buruk, Ketahuilah segumpal daging tersebut adalah "Qolbu" yaitu hati ". ( Hadis Riwayat Bukhori ).

Berikut ini 5 cara menjaga agar hati kita selalu bersih :


1 Harus Punya waktu khusus untuk memeriksa diri sendiri.

  • Carilah waktu khusus untuk bermuhasabah, menghitung-hitung kesalahan dan kekurangan diri, kalau perlu gunakan foto diri sendiri untuk melihat seperti apa kita dulunya. Menghitung berapa banyak hak orang lain yang kita ambil, atau dimakan? dan segala dosa-dosa dan kesalahan yang kita pernah lakukan selama ini.
  • Carilah tempat khusus untuk bermuhasabah, di rumah, di mesjid sambil iktikaf atau sekalian pergi umrah. Kalau sedang umrah sebaiknya menjauh dari teman-teman sesama jemaah asal Indonesia biar kita benar-benar lepas untuk menangis menyesali kezaliman kita. Biar tangisan kita benar-benar tulus bukan karena ingin dipuji oleh sesama teman. Kita sering takut terlihat jelek dimata manusia tapi tidak takut terlihat jelek dimata Allah.
  • Banyak bertafakur, tanyakan apakah diri kita seorang pendengki, zalim, pemarah dan segala kekurangan lainnya.

2 Miliki Cermin Diri.

  • Orang-orang terdekat dengan kita adalah cerminan diri kita, suami/isteri, anak, orang-tua, kakak, adik adalah orang-orang yang benar-benar tahu tentang segala kelebihan dan kekurangan kita. Seorang ibu sangat bangga kalau dipuji oleh orang lain, tapi biasa-biasa saja kalau dipuji oleh suami.
  • Segala masukan dari orang terdekat kita perlu dijadikan pedoman dan diambil jangan dibiarkan begitu berlalu begitu saja. Jangan marah kalau mereka memberikan masukan, ambil dan koreksi diri. Jangan dibantah. Jangan terpesona dengan kehebatann dan ketenaran orang lain karena apa yang terlihat di depan umum belum tentu sama dengan aslinya.

3   Miliki guru/ulama pribadi.

Cari guru yang tulus yang mau dengan terus-terang memberi tahu segala yang perlu kita lakukan dan yang harus kita tinggalkan. Guru yang mau memberi nasehat untuk kebaikan diri kita.

4   Manfaatkan orang yang tidak suka dengan kita.

  • Setiap kita punya orang-orang yang selalu mencari kekurangan kita, mereka tidak bosan-bosannya mengikuti tingkah laku kita secara diam-diam. Mereka juga tidak segan menceritakan kekurangan kita kepada orang lain. Bersyukurlah kalau kita punya orang seperti mereka itu karena mereka justru memberikan keuntungan kepada kita. Justru itu bagus untuk koreksi diri kita. Jika ada tetangga, saudara atau teman kantor yang melakukan itu, biarkan saja karena mereka sedang mengumpulkan informasi tentang hal-hal yang perlu kita perbaiki. Jadikan hal itu sebagai acuan bagi kita.
  • Orang mudah sakit hati ketika dikritik dan dijelek-jelekkan orang lain, karena memasang harga dirinya dengan ‘bandrol harga’ yang terlalu tinggi, coba turunkan seraya terus berusaha memperbaiki diri.
  • Kalau segala upaya perbaikan telah dilakukan, orang masih menrendahkan kita, tidak usah marah, karena kita tahu : “hanya orang rendahan yang suka merendahkan orang lain”.

5 Tafakuri apa yang terjadi.

Setiap peristiwa yang menimpa orang lain, tafakuri dan ambil hikmahnya. Bersyukur bahwa musibah itu tidak terjadi pada diri kita.

----------------------------------------------------------

INFO PPDB 2021/2022:

SMK Muhammadiyah Karangmojo dan Pesantren Darul Mujahidin Karangmojo Tahun 2021/2022 Siap Menerima Pendaftaran Siswa dan Santri Baru. Untuk Pendaftaran Awal Silahkan Klik Link Berikut:

https //ppdb.smkmuhkarangmojo.sch.id

Info lebih lanjut dapat menghubungi nomor berikut, WA/SMS/TELP:

  1. Devi Vetriyanta: 0819-3116-9931
  2. Edi Prabowo: 0878-3983-9710
  3. Eko cahyanto: 0838-4039-8931
  4. Ustadz Andri: 0831-4611-8797

Bagikan artikel ini ke