Berbakti pada Orang Tua

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Yang pertama dan yang paling utama, mari kita panjatkan puji syukur ke hadirat Allah SWT. Karena sungguh tiada Tuhan selain Allah yang menguasai seluruh alam ini.

 Selawat serta salam kita limpahkan kepada Nabi Muhammad SAW. Semoga kita sebagai pengikutnya mendapatkan syafaat di hari kiamat kelak. Amiin ya Rabbal Alamiin.

Hadirin yang dirahmati Allah.

Setiap orang sudah pasti memiliki orang tua. Orang tua kita bekerja keras membesarkan kita, memberi kehidupan dan pendidikan yang layak untuk kita semua. Oleh karena itu, pada kesempatan ini izinkan saya menyampaikan materi kultum tentang pentingnya berbakti pada orang tua.

Allah SWT mewajibkan setiap anak untuk berbakti kepada orang tuanya. Perintah untuk berbuat baik kepada orang tua tercantum dalam Surat Al Isra ayat 23 yang 

 Artinya: Dan Tuhanmu telah memerintahkan agar kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah berbuat baik kepada ibu bapak. Jika salah seorang di antara keduanya atau kedua-duanya sampai berusia lanjut dalam pemeliharaanmu, maka sekali-kali janganlah engkau mengatakan kepada keduanya perkataan ah dan janganlah engkau membentak keduanya dan ucapkanlah kepada keduanya perkataan yang baik.

Berbakti kepada orang tua dapat dimulai dari hal-hal kecil, seperti membantu meringankan pekerjaan di rumah, berkomunikasi setiap hari jika anda berada jauh dari orang tua, atau merawat mereka ketika sakit. Janganlah sekali-sekali kita membentak atau menyakiti orang tua kita. Jika ada salah pada orang tua, segeralah meminta maaf.

Sekian kultum ini saya sampaikan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh.

Bagikan artikel ini ke