Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) merupakan kegiatan rutin awal tahun yang dilaksanakan sekolah untuk siswa baru. Kegiatan ini bertujuan agar siswa lebih mengenal program, sarana prasarana sekolah, cara belajar, dan pembinaan awal kultur sekolah. Dengan rangkaian kegiatan MPLS ini diharapkan menjadi siswa dan siswi yang tangguh, kreatif, inovatif, produktif dan berprestasi.

Pada Tahun ini, SMK Muhammadiyah melaksanakan MPLS dengan tanpa pembatasan peserta, namun masih dengan protokol kesehatan yang ketat pasca Covid-19. Berbagai materi diberikan kepada peserta didik baru. Salah satunya, Pencegahan Tindak Kekerasan Remaja dan NAPZA. Materi ini bekerja sama dengan Polsek Karangmojo sebagai Narasumber.

Dalam paparannya AKP Surahyo menjelaskan, kenakalan remaja merupakan bentuk perilaku menyimpang yang dilakukan oleh remaja dan berpotensi menimbulkan keresahan dalam masyarakat. Terdapat empat jenis kenakalan remaja antara lain, kenakalan remaja yang menimbulkan korban fisik pada orang lain seperti perkelaian, perampokan, pemerkosaan, dan pembunuhan. Kemudian kenakalan yang menimbulkan korban materi yaitu perusakan, pencurian, pencopetan, dan pemerasan. Selanjutnya kenakalan remaja yang tidak menimbulkan korban di pihak lain yaitu pelacuran, penyalahgunaan obat atau Narkoba. Serta kenakalan yang melawan status seperti mengingkari status anak sebagai pelajar misal membolos.

“Cara untuk menangani kenakalan remaja dengan menumbuhkan kesadaran diri sendiri bahwa kenakalan remaja akan membawa pengaruh negatif dan menghambat masa depan,” ungkapnya.

Lebih lanjut AKP Surahyo mengatakan, kenakalan remaja juga dapat dicegah dan ditangani dengan dengan beberapa cara, diantaranya menanamkan pendidikan agama (iman dan taqwa) sejak dini, berhati-hati dalam bergaul, serta mengisi waktu luang dengan kegiatan positif seperti mengembangkan aktivitas untuk menyalurkan hobi.

“Dengan memiliki kesadaran dari dalam untuk mengelola diri secara maksimal, siswa SMK Muhammadiyah Karangmojo pada khususnya dan pelajar Gunungkidul pada umumnya, akan memiliki citra yang baik di masyarakat sebagai pelajar yang santun” pungkasnya.

SMK Muhammadiyah Karangmojo telah membuka pendaftaran siswa baru untuk Tahun Pelajaran 2023/2024. Informasi pendaftaran dapat mengunjungi website kami di : https://ppdb.smkmuhkarangmojo.sch.id

Bagikan artikel ini ke