Assalamualaikum sahabat Moeka.

Pernahkah kalian mendengar atau menggunakan kata saya, aku, kamu, juga kata dia? Kata kata yang disebutkan tadi adalah kata ganti atau pronomina. Penggunaan kata ganti ini dimaksudkan agar kalimat yang disampaikan dapat lebih efektif dan mudah dipahami atau tidak bertele-tele. Kata ganti orang ini, dapat berupa kata ganti orang pertama, orang kedua, juga orang ketiga. Sifat kata ganti ada yang tunggal dan ada yang jamak. Kalian tahu kan, apa perbedaan tunggal dan jamak? Yap, tunggal itu satu dan jamak lebih dari satu.

Kata ganti orang pertama: aku, saya, abdi, gue, kita, kami. Kata ganti orang kedua: kamu, Anda, lo, kalian. Kata ganti orang ketiga: dia, ia, dan mereka.

Selain kata ganti orang, ada kata ganti milik, bisa ku, mu, juga nya.

Nah, kali ini ada satu hal  yang perlu kita pahami tentang kata ganti. Hal tersebut adalah kata ganti orang pertama jamak, yaitu kami dan kita.

Barangkali kalian pernah mendengar atau membaca tentang dua kata ini. Namun, tak ada salahnya kalau dibaca kembali.

Kata ganti kami dan kita merupakan kata yang digunakan untuk mengganti orang pertama jamak atau lebih dari satu. Lalu perbedaannya apa? Kata kami digunakan dalam sebuah percakapan atau komunikasi baik lisan maupun tulis, yang menerangkan bahwa orang yang diajak bicara atau mitra bicara tidak ikut dala acara itu.

Contoh penggunaan kata kami ada pada kalimat berikut.

“ Bu Ika, mohon maaf, kami mohon ijin untuk meninggalkan kelas karena ketua dan sekertaris XII OTKP akan mengikuti pembinaan di ruang pertemuan”

Pada kalimat tersebut, ketua dan sekertaris XII OTKP akan mengikuti kegiatan, dan Bu Ika sebagai mitra bicara tidak ikut dalam pertemuan.

Kata ganti kita menerangkan bahwa orang yang diajak bicara atau mitra bicara ikut dalam kegiatan yang dimaksud.

Contoh penggunaan kata kami ada pada kalimat berikut.

“ Bu Ika, sesuai kesepakatan kemarin, berarti hari ini kita jadi mengadakan bakti sosial?”

Pada kaimat tersebut, Bu Ika sebagai mitra bicara ikut bergabung dalam kegiatan bakti sosial.

Sampai di sini kalian bisa memahami yaaaa apa perbedaan penggunaan kata kami dan kita. Semoga bermanfaat untuk semua dan kita bisa menggunakan dua kata tersebut sesuai dengan konteksnya.

Wassalamualaikum.

Bagikan artikel ini ke