Assalamu’alaikum apa kabarnya sahabat moeka kekasih Allah? walau pandemi masih belum berakhir semoga kita selalu sehat dan tetap belajar walau dirumah saja. Disini saya akan berbagi ilmu tentang misteri bilangan nol. Ratusan tahun yang lalu, manusia  hanya mengenal 9 lambang bilangan yakni 1,2,3,4,5,6,7,8 dan 9. Kemudian datang angka 0, sehingga jumlah lambang bilangan menjadi 10 buah. Tidak diketahui diapa pencipta bilangan 0, bukti sejarah hanya memperlihatkan bahwa bilangan 0 ditemukan pertama kali dalam zaman Mesir modern, angka nol digunakan tidak saja sebagai lambang. Tetapi juga sebagai bilangan yang turut serta dalam operasi matematika. Kini, penggunaan bilangan nol telah menyusup jauh ke dalam sendi kehidupan manusia. Sistem  berhitung tidak mungkin lagi mengabaikan kehadiran bilangan nol, sekalipun bilangan nol itu membuat kekacauan logika. Mari kita lihat.

Nol, penyebab komputer macet !!!!

Pelajaran tentang bilangan nol, dari sejak zaman dahulu sampai sekarang selalu menimbulkan kebingungan bagi parapelajar dan mahasiswa, bahkan masyarakat pengguna. Mengapa ? Bukankah bilangan nol itu mewakilisesuatu yang tidak ada dan yang tidak ada itu ada, yakni nol. Siapa yang tidak bingung? Tiap kali bilangan nol muncul dalam pelajaran Matematika selalu ada ide yang aneh. Seperti ide jika sesuatu yang ada dikalikan dengan nol maka menjadi tidak ada. Mungkinkah 5 x 0 menjadi tidak ada? Ide ini membuat orang frustasi. Apakah nol itu ahli sulap?

                Lebih parah lagi tentu menambah bingung mengapa 5 + 0 = 5 dan 5 x 0 =0 juga ? memang demikian aturannya, karena nol dalam perkalian merupakan bilangan identitas yang sama dengan 1. Jadi 5 x 0 = 5 x 1. Tetapi , benar juga bahwa 5 x 0 =0. Waw ...bagaimana dengan 5 pangkat  0 sama dengan 1, tetapi 50 pangkat 0 sama dengan 1 juga? Ya, sudahlah. Aturan lain tentang nol yang juga misterius dalah bahwa suatu bilangan jika dibagi nol tidak didefinisikan. Maksudnya, bilangan berapapun yang tidak bisa dibagi dengan nol. Komputer yang canggih manapun akan mati mendadak jika tiba-tiba bertemu dengan pembagi angka nol. Komputer memang diperintahkan berhenti berfikir jika bertemu sang divisor nol. Itulah misteri angka nol. Yang kalau difikir memang bikin pusing sekali kok bisa. Ya sudahlah memang itu takdirnya begitu saja....

Sekian semoga bermanfaat semoga kita selalu dalam keberkahan dan lindungan Allah. Tetap semangat yach

Saat ini SMK Muhammmadiyah Karangmojo juga sudah membuka pendaftaran Indent looh..yuks segera daftarkan diri Anda di https://ppdb.smkmuhkarangmojo.sch.id atau bisa menghubungi 087 839 839 710 ( call/Wa)

Bagikan artikel ini ke