MENGATUR WAKTU BELAJAR

Halo gays......lagi ngapain ...main HP ya?....

Yang namanya HP merupakan benda yang tidak bisa lepas dari kita. Benar gak....gays..

 Karena setiap harinya yang nanya HP tidak lepas dari tangan kita.

Benar kan teman2...

Selamat pagi menjelang siang.....gays....

Halo gays Selamat Belajar...

Ingat....! Kewajiban pelajar adalah belajar.

Jangan pegang HP dan main HP saat pembelajaran. Kecuali bapak/ibu guru menyuruh pembelajaran pakai HP.

Ingat HP juga ingat belajar. Saatnya belajar pakai HP ya pakai HP. Saat tidak pakai HP ya HP diletakkan di atas meja dan dimatikan. Karena  HP bisa juga dipakai sebagai alat pembelajaran

Karena kegiatan utama bagi seorang pelajar adalah belajar. Baik belajar di sekolah, dilapangan, dan pengalaman yang kita dapat.

Untuk memperoleh prestasi belajar yang tinggi harus didukung dengan kegiatan belajar yang rutin dengan frekuensi yang tetap.

Hukum Jost mengemukakan bahwa belajar 4 hari masing-masing  1 jam efektif dari pada 4 jam dalam 1 hari. Hal ini mengisyaratkan kepada kita bahwa bukan masalah banyaknya waktu belajar yang kita perlukan untuk meraih hasil yang maksimal melainkan keajegan dalam belajar yang dibutuhkan dalam memperoleh hasil belajar yang maksimal. Oleh karena itu, perlu kiranya menyiasati bagaimana mengatur waktu belajar sebak mungkin agar diperoleh hasil belajar yang maksimal.

Pemilihan waktu belajar yang tidak tepat akan menghasilkan kelelahan tanpa dapat menghasilkan prestasi yang diharapkan. Banyak contoh bila kita memilih waktu belajar yg tidak tepat.

1. Habis main. Terjadilah kelelahan

2. Sambil lihat TV tidak konsentrasi.

Dll

Belajar memerlukan suasana yang mendukung antara lain : badan yang segar, udara yang sejuk alias tidak terlalu panas,  lingkungan yang tidak terlalu bising serta suasana hati yang tenang.

Tidak mungkin seorang anak bisa belajar dengan baik apabila masih banyak tugas dari siapapun yang dipercakan, tapi belum terselesaikan. Demikian pula dengan keadaan ruangan serta lingkungan yang hiruk pikuk akan menyulitkan anak berkonsentrasi belajar.

Ada beberapa contoh untuk dapat memilih waktu belajar yang baik antara lain :

- Pulang sekolah

- Malam hari

- Setelah subuh

Waktu belajar yang efisien antara lain 1 sampai 2 jam. Apabila ingin menambah jam belajar harus ada rentang waktu istirahat untuk mengendorkan saraf otak yang terlalu tegang. Sehingga saat meneruskan belajar tubuh terasa segar kembali.

Berikut ini kiat-kiat mengatur waktu yang ditulis oleh Jeanne Shay Scum dalam buku yang berjudul SEKOLAH ? Siapa Takut ? Berikut ini :

1. Tetapkan Prioritas !

Buatlah daftar apa yang harus dan akan dikerjakan. Lalu urutkan tugas dalam urutan 1,2,3 dan deterusnya menurut tingkatannya.

2. Jangan Membenahi diri dengan jadwal yang berlebihan.

Lakukan perubahan untuk mencapai prestasi secara bertahap. Kalau terlalu banyak yang harus kita lakukan, kita dapat menjadi bingung dengan jadwal tersebut.

3. Luangkan waktu untuk membiasakan diri menjadi teratur.

Menjadi teratur membutuhkan waktu yang lama.

4. Luangkan waktu untuk refreshing.

Waktu untuk penyegaran membantu Anda agar tetap sehat secara mental dan fisik.

5. Jangan Menunda-nunda.

Apapun penyebabnya, menunda-nunda bisa menjadi kebiasaan buruk.

Itulah sedikit gambaran Cara Mengatur Waktu Belajar yang mungkin bisa kalian lakukan.

Matur Nuwun.....

Disadur dari Materi Layanan Klasikal Bimbingan dan Konseling Bidang Layanan Belajar.

By. St. Zandaroh. Shn

 

 

Bagikan artikel ini ke