Assalamu’alaikum Wr Wb ananda SMK Moeka kebanggaan kami, semoga kesehatan semangat serta kedekatan dengan Sang Maha Kuasa senantiasa membersamai kalian. Generasi hebat yang 5 tahun kedepan akan membanggakan kami dengan cerita sukses kalian.

Jangan pernah bosan membaca artikel kami ya…tidak butuh waktu lama koq, dan InshaaAllah kalian cepat paham dengan tulisan-tulisan kami…begitu kan ananda yang luar biasa.

Mari kita baca dan pahami bersama, sambil kita merenung apakah kita sudah bijak menggunakan media.

Apakah kalian pernah mendengar istilah FOMO? FOMO atau Feat Of Missing Out adalah rasa takut merasa tertinggal karena tidak mengikuti aktivitas tertentu. Sebuah perasaan takut dan cemas yang timbul di dalam diri seseorang akibat ketinggalan sesuatu yang baru, seperti berita, tren atau hal lainnya. Rasa takut ketinggalan ini mengacu pada perasaan atau persepsi bahwa orang lain bersenang-senang menjalani kehidupan yang lebih baik atau mengalami hal-hal yang lebih baik.

Salah satu penyebab FOMO yaitu penggunaan media sosial. Berkembangnya teknologi saat ini menjadikan kita dapat dengan mudah menerima jutaan informasi di luar sana, contohnya melalui Instagram, Twitter, Whatsapp, Meta (Facebook), dll. Aplikasi yang sedang digemari dan memiliki banyak pengguna di seluruh dunia ini mempunyai fitur-fitur yang mendukung untuk update video/foto, seperti fitur instastory yang penuh dengan postingan rutinitas para pengguna. Dari sinilah, kita sebagai viewer, dapat memicu munculnya perasaan cemas lalu membandingkan kehidupan kita dengan orang lain yang terlihat lebih menyenangkan atau bahagia.

Seperti yang dilansir VeryWellMind, perasaan FOMO ini dapat terjadi pada semua gender dan umur. Seseorang yang mengalami FOMO memiliki tingkat kepuasan hidup yang lebih rendah karena terus membandingkan hidupnya dengan orang lain. Kemudian timbul pertanyaan apakah kita termasuk yang mengalami perasaan FOMO? Kenali gejala-gejala berikut yang mungkin muncul.

< !--[if !supportLists]-->1        Selalu mengecek gadget. Kebiasaan memegang gadget seakan sudah tidak bisa dihilangkan. Seseorang yang mengalami FOMO akan selalu mengecek ponsel tepat ketika bangun tidur bahkan sebelum tidur seakan tidak mau ketinggalan berita apapun.

< !--[if !supportLists]-->2        Lebih peduli dengan media sosial daripada kehidupan nyata akibatnya muncul keinginan untuk diakui orang lain di dunia maya.

< !--[if !supportLists]-->3        Selalu ingin tahu kehidupan orang lain.

< !--[if !supportLists]-->4        Selalu ingin tahu gosip terbaru.

< !--[if !supportLists]-->5        Mengeluarkan uang melebihi kemampuan dan membeli hal yang sebenarnya tidak penting dengan dalih agar tidak ketinggalan zaman.

< !--[if !supportLists]-->6        Mengatakan “ya” bahkan disaat sedang tidak ingin. Hal ini sering terjadi ketika seseorang tidak ingin ketinggalan apapun sehingga selalu menerima setiap ajakan yang sebenarnya tidak menarik atau tidak perlu.

Perasaan FOMO yang dibiarkan dapat memicu munculnya hal negatif seperti kelelahan, stress, depresi, bahkan masalah tidur. Perasaan ini mempengaruhi ketidakpuasan seseorang pada hidup mereka dan merasa apa yang telah dilakukan atau dimiliki seakan tidak pernah cukup. Selain itu dapat memicu munculnya masalah finansial seperti yang disebutkan pada gejala di atas, seseorang rela mengeluarkan biaya yang besar demi tetap up-to-date dan tidak ketinggalan zaman. Meskipun begitu, perasaan FOMO ini dapat dikurangi dengan beberapa tips sebagai berikut.


Fokus pada diri sendiri

Setiap orang tidak mungkin untuk terus mengikuti perkembangan setiap saat. Begitu pula dengan bahagia, seseorang tidak mungkin dalam keadaan bahagia setiap saat karena hidup itu berputar. Kita tidak perlu membandingkan diri dengan orang lain karena setiap orang tidak sama dalam menjalani kehidupannya.

Membatasi penggunaan media sosial dan gadget

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa salah satu penyebab FOMO dipicu oleh postingan dan update orang lain di media sosial. Karena itu, dengan membatasi diri dalam penggunaan media sosial dapat mengurangi FOMO.

Mencari koneksi nyata

Kita adalah makhluk sosial yang sejatinya membutuhkan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk menjalin hubungan sosial dengan orang lain alih-alih hanya melakukannya lewat media sosial. Perasaan FOMO akan perlahan hilang dengan sendirinya ketika kita mengutamakan koneksi nyata.

Hargai diri sendiri

Menyadari bahwa banyak hal-hal baik yang dimiliki atau dilakukan dan selalu bersyukur atasnya, dapat mengurangi rasa iri dan rasa kekurangan pada diri. Cobalah fokus pada apa yang sedang dikerjakan saat ini alih-alih mencari pembuktian dari orang lain.

Jadi, jangan menyia-nyiakan hidup dengan merasa tidak pernah cukup. Nikmatilah momen-momen yang menunggu di depan nanti dan berhenti membandingkan hidup kita dengan orang lain karena semua punya jalannya masing-masing.

Nah…kalian punya pilihan ya, dan kami yakin bahwa pilihan kalian pasti yang akan menunjang kesuksesan kalian dimasa depan.

 

Pingin Tanya-tanya, silahkan wapri di nomer 0812 2880 0992 ya…salam sukses buat kalian.

Referensi:

1. https //www.verywellmind.com/how-to-cope-with-fomo-4174664 (diakses tanggal 15 Desember 2020)

2. https //www.cosmopolitan.co.id/article/read/10/2018/14854/10-gejala-kamu-memiliki-fomo (diakses tanggal 15 Desember 2020)

3. https //tirto.id/mengenal-sindrom-fomo-fear-of-missing-out-dan-cara-mengatasinya-fZoc(diakses tanggal 15 Desember 2020)

Bagikan artikel ini ke