Tes VIERA dan Uji sertifikasi TOEIC untuk siswa SMK tahun ini kembali dilaksanakan. Setelah beberapa kali diadakan sejak tahun 2018, dan dua kali pelaksanaan selama pandemi dilaksanakan secara online. Program pendidikan yang diberi nama SMK English Challenge (SEC) kembali digelar. Program ini sejatinya merupakan program bantuan yang diadakan oleh Direktorat Pembinaan SMK untuk mendukung pelaksanaan program Revitalisasi SMK yang pada akhirnya bertujuan untuk mempersiapkan lulusan SMK agar memiliki daya saing tinggi di era digital dan globalisasi. Dimana salah satu poin penting didalamnya adalah siswa SMK diharapkan mampu berkomunikasi dengan bahasa Inggris secara aktif. Untuk itu, tes VIERA diadakan terlebih dahulu sebagai program seleksi dalam menghadapi tes TOEIC yang sebenarnya.

Apa itu Tes Viera? Tes Viera atau Vocational Institutions English Readiness Assesment merupakan program bantuan yang diberikan oleh Direktorat Pembinaan SMK yang bertujuan untuk menyeleksi sejumlah siswa SMK yang akan menghadapi uji sertifikasi TOEIC. Jadi program ini diadakan dalam rangka mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang dan sejauh mana kesiapan mengikuti Internasional Standarisasi tes, yaitu TOEIC. Sedangkan TOEIC (Test of English for International Communication) sendiri merupakan Uji Sertifikasi ketrampilan dan kemampuan berbahasa Inggris seseorang di dunia kerja yang standarnya diakui secara internasional.

Rangkaian pelaksanaan Tes Viera di SMK Muhammadiyah Karangmojo tahun ini sudah dimulai sejak bulan Juli 2022. Di bawah arahan Bapak Kepala Sekolah Munawar, S.Pd.I bersama  tim guru bahasa Inggris dan tim teknisi mulai mengakomodir para siswa yang berminat mengikuti seleksi di tingkat awal. Proses penjaringan dimulai dengan pemberian penjelasan, wawasan, materi seputar TOEIC. Selanjutnya, para siswa akan berlatih mengerjakan soal dengan tetap bisa berkonsultasi kepada para guru bahasa Inggris yang mengampu dikelas mereka masing-masing.

Tes Viera dilaksanakan dalam beberapa gelombang. Gelombang 1 terlaksana pada hari Jumat tanggal 15 Juli 2022 yang diikuti oleh 18 peserta. Selanjutnya, gelombang 2 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 16 Juli 2022 dengan 51 peserta, gelombang 3 dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2022 dengan 71 peserta. Sehingga total siswa yang mengikuti tes VIERA ini adalah 140 peserta.

Dengan mengambil tempat di laboratorium komputer barat SMK Muhammadiyah Karangmojo, sejumlah peserta yang mengikuti tes dengan panduan para teknisi dan pengajar melaksanakan dan mengerjakan tes tersebut dengan tertib. Di akhir kegiatan, Alhamdulillah proses pelaksanaan tes VIERA ini sukses.

Tes TOEIC selanjutnya dilaksanakan pada hari Jumat tanggal 16 September 2022 dan diikuti oleh 10 peserta yang lolos dari seleksi Viera sebelumnya. Bertempat di laboratorium komputer timur SMK Muhammadiyah Karangmojo, tes berlangsung lancar dalam satu sesi dari pukul 13.00 sampai dengan pukul 15.00.

Hasil tes TOEIC langsung dikirimkan kepada sekolah pada awal bulan Oktober. Dari 10 peserta ada satu peserta dengan rekor skor tertinggi selama pelaksanaan TOEIC di SMK Muhammadiyah Karangmojo yakni siswa kelas XII OTKP 1 atas nama Doni Sudamas dengan nilai 735.

 

Oleh: Tim Bahasa Inggris SMK Moeka

Bagikan artikel ini ke