Dalam rangka berakhirnya Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Ajaran 2020/2021, IPM SMK Muhammadiyah Karangmojo mengadakan kegiatan classmeeting (11-14 Juni 2021). Di tengah pandemi Covid-19 saat ini, tidak memungkinkan untuk melaksanakan kegiatan yang memicu keramaian. Oleh sebab itu, Classmeeting 2021 dilaksanakan secara daring dengan mengusung tema "BUILD YOUR SOLIDARITY AND CREATIVITY". Sasaran kegiatan ini adalah seluruh siswa SMK Muhammadiyah karangmojo.


Kegiatan classmeeting ini bertujuan menyaring siswa yang memiliki potensi dalam bidang sastra dan seni berteknologi, sebagai ajang menambah keakraban antara siswa di sekolah, sarana refreshing seusai ujian semester, serta menyalurkan minat bakat siswa dalam bidang sastra dan teknologi. "Kondisi yang tidak memungkinkan untuk tatap muka mendorong kami untuk melaksanakan kegiatan ini secara online. Dengan begitu kita juga mampu memanfaatkan media sosial secara maksimal di era digital ini." ujar salah satu panitia Classmeeting 2021.


Meskipun dilaksanakan secara daring, antusiasme peserta classmeeting sangat jelas terlihat dari banyaknya perwakilan seluruh kelas yang mendaftar. Menurut data yang masuk melalui form pendaftaran, jumlah peserta sebanyak 33 orang dalam 3 kategori perlombaan. Adapun perlombaan yang dilaksanakan adalah Cipta Puisi, Poster Digital, dan Fotografi.


Rangkaian kegiatan berlangsung empat hari dimulai dari pendaftaran, pelaksanaan lomba, unggah karya, dan penjurian. Pelaksanaan lomba dilaksanakan tiga hari di rumah masing-masing peserta. Karya kemudian diunggah melalui akun instagram dengan menyertakan tagar #ipmmoeka dan dinilai oleh juri perlombaan. Adapun yang bertugas sebagai juri Cipta Puisi adalah Pak Arif, guru mata pelajaran Bahasa Indonesia. Sedangkan juri Poster Digital dan Fotografi yaitu Pak Dilyan, guru mata pelajaran Seni Budaya.


Kejuaraan dalam kegiatan ini diumumkan melalui akun instagram IPM @ipm_moeka_jaya. Setiap kategori perlombaan ditetapkan 3 pemenang. Pemenang kategori Cipta Puisi yaitu, Jeni (X BDP), Seliana (X OTKP), dan Lendy (XI TBSM). Pemenang  Poster Digital Fina (X BDP), Berlian (X AKL), Amanda (XI AKL). Pemenang kategori Fotografi adalah Irhan (XI TKRO), Rima (XI OTKP), dan Alesya (X OTKP).


Harapan panitia dan seluruh anggota IPM, melalui kegiatan ini siswa terus bersemangat dan antusias dalam segala kegiatan positif. Dalam era digital seperti saat ini, seluruh anggota sekolah perlu memanfaatkan media sosial sebagai platform menyalurkan bakat dan mengekspreksikan diri. Dengan berbagai kegiatan salah satunya classmeeting secara daring, pemanfaatan media sosial secara positif dan optimal mampu diwujudkan.

Bagikan artikel ini ke