Assalamualaikum Sobat Moeka….

Siapa sih yang tak kenal ponsel?

Ponsel atau telepon genggam merupakan alat komunikasi canggih yang tidak hanya menjadi gaya hidup, tetapi juga menjadi kebutuhan pokok setiap manusia. Tanpa ponsel, manusia seakan terisolasi dari dunia luar karena tidak dapat berhubungan dengan yang lainnya.

Semula, ponsel didesain hanya untuk mengirim pesan singkat (SMS) dan menelepon, namun kini ponsel telah didesain dengan aplikasi-aplikasi canggih seperti game, mendengar music, mengirim e-mail, memotret, internet, merekam, bahkan menonton televisi juga dapat melalui ponsel. Apalagi sekarang dimasa pandemi ini, banyak bermunculan aplikasi-aplikasi baru yang mendukung pembelajaran secara daring. Ponsel memiliki peran yang sangat penting dalam dunia pendidikan.

Dengan ponsel, kita bisa menyimpan catatan-catatan penting, catatan yang bersifat pribadi dan catatan rahasia. Biasanya agar tidak ada orang lain yang membaca catatan itu, maka ponsel dikunci menggunakan nomor PIN. Jadi, hanya pemilik ponsel yang dapat membuka ponselnya. Nomor PIN ini berisi 4 digit angka, mulai dari angka 0 sampai 9.

Misalkan kalian menyimpan catatan di ponsel, agar tidak ada orang lain yang tahu maka kalian memasukkan PIN di ponsel. Namun pada suatu ketika kalian lupa dengan nomor PIN nya. Kemudian mencoba memasukkan 4 digit angka nomor PIN tersebut secara acak. Berapa banyak kemungkinan susunan nomor yang dapat kalian coba? Berapa peluang kalian untuk langsung berhasil membuka nomor PIN? Jika untuk setiap kali memasukkan nomor PIN membutuhkan waktu 2 detik, berapa waktu maksimal yang diperlukan untuk membuka nomor PIN tersebut?

Pertanyaan-pertanyaan di atas dapat kita jawab menggunakan teori peluang. Materi tentang peluang merupakan bagian dari statistika yang mempelajari tentang percobaan acak. Peluang atau probabilitas suatu kejadian adalah angka yang menunjukkan kemungkinan suatu kejadian. Nilai peluang berada pada kisaran antara 0 dan 1. Untuk menentukan banyaknya kemungkinan nomor yang dapat dicoba kita gunakan kaidah pencacahan. Dalam hal ini PIN ponsel tersebut angka-angkanya bebas, dari 0 sampai 9 dan pengulangan angka diperbolehkan, misalnya 2344.

Susunan angkanya terdiri dari angka : 0, 1, 2, 3, 4, 5,6, 7, 8, 9  (Ada 10 angka), maka :

10

10

10

10

= 10.000

Jadi, banyaknya kemungkinan nomor yang dapat kalian coba adalah 10.000 susunan.

Maka peluang untuk langsung berhasil membuka nomor PIN adalah 1/10.000.

Sehingga waktu maksimal untuk membuka nomor PIN tersebut adalah

2 detik x 10.000 = 20.000 detik atau 5,56 jam

Bagaimana sobat….. banyak sekali kan kemungkinannya. Jadi jangan sampai lupa ya nomor PIN ponselnya !!!


Saat ini SMK Muhammadiyah Karangmojo juga sudah membuka pendaftaran Indent loohh, segera daftarkan diri kalian di  https //ppdb.smkmuhkarangmojo.sch.id/  atau bisa menghubungi 087 839 839 710 (call/wa)

 

Sumber: Buku matematika kelas 12 dan berbagai sumber lainnya.

Bagikan artikel ini ke