SAHABAT MOEKA Pada  Sabtu, 16 Oktober 2021 di Gedung K.H. Ibrahim Lt.5 Kampus UMY telah ditandatangani Nota Kesepahaman atau MoU Vokasi UMY dengan SMK Muhammadiyah Karangmojo dan 20 SMA/SMK lainnya.

SMK Muhammadiyah Karangmojo bermula dari berdirinya sebuah sekolah kejuruan yang berada di bawah naungan Persyarikatan Muhammadiyah yang bernama SMEP (Sekolah Menengah Ekonomi Pertama). Menempati lokasi tanah seluas 5.869 m2 di Kecamatan Karangmojo  Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Pada waktu itu, SMEP merupakan sekolah kejuruan pertama di Karangmojo. Sebagai kepala sekolah pertama pada waktu itu beliau Bapak Muhammad Ichwan, BA. Kemudian pada tanggal 15 Januari 1968 sekolah ini secara resmi berganti nama dari SMEP menjadi SMEA (Sekolah Menengah Ekonomi Atas) Muhammadiyah Karangmojo. Selanjutnya karena adanya perubahan nomenklatur, berdasarkan Surat Edaran Sekretaris Jenderal Departemen Pendidikan dan Kebudayaan RI No. 41007/A.A5/OT/1997 tanggal 3 April 1997, maka yang sebelumnya bernama SMEA Muhammadiyah Karangmojo berubah menjadi SMK Muhammadiyah Karangmojo hingga sampai saat ini.

Pada kesempatan ini pula kerjasama kelembagaan dengan ditandatanganinya MoU Vokasi UMY dengan SMK Muhammamadiyah Karangmojo, semakin erat jalinan kerjasama yang telah dibangun selama ini sehingga kedepannya keberlangsungan kegiatan-kegiatan bersama dapat berjalan dengan baik dan lancar

Acara MoU dimulai dengan Pembukaan, kalam wahyu ilahi, menyanyikan lagu Indonesia Raya dan dilanjutkan menyanyikan Mars Sang Surya. Selanjutnya sambutan dari Direktur Program Vokasi Bapak Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si : Selamat datang dikampus Muda Mendunia Universitas Muhammadiyah Yogyakarta. Dalam rangka mengikuti himbauan dari Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kemendikbud RI untuk meningkatkan jenjang pendidikan Diploma 3 (D3) menjadi Sarjana Terapan (D4).

Saat ini Program Vokasi sedang menyusun pengajuan peningkatan jenjang pendidikan Diploma 3 (D3) menjadi Sarjana Terapan untuk tiga prodi yaitu Teknologi Elektro-medis, Teknologi Mesin dan Akuntansi.

Menurut direktur Vokasi UMY, Dr. Bambang Jatmiko, S.E., M.Si. dalam peningkatan jenjang program Diploma III ke jenjang Sarjana Terapan (D-IV) setidaknya melakukan kerjasama dengan 3 SMA/SMK. “Setidaknya minimal ada 3 SMK yang bekerjasama dengan program Vokasi dalam peningkatan program D III menuju Sarjana Terapan. Kami sebenarnya sudah melakukan kerja sama dengan beberapa SMA/SMK sebelumnya, tapi kali ini kami ingin menambah jaringan ke sekolah lainnya,” ucap Bambang. Ia juga mengatakan bahwa target utama dari kerjasama ini adalah sekolah sekolah Muhammadiyah se-Jogja

Salah satu syarat pengajuan ini adalah memiliki perjanjian kerjasama (MOU) dengan SMK.

Sedangkan bidang kerjasamanya Pemanfaatan sumber daya (sarana, prasarana dan SDM). Kegiatan pembelajaran di luar kampus, Tukar menukar data dan informasi, Pendidikan dan pelatihan, Penelitian bersama, Publikasi karya ilmiah, Pemanfaatan dan penerapan hasil penelitian yang telah ada, Bantuan teknis.

Program kerjasama yang di jalin meliputi: Fasilitas guru tamu/ pakar/ praktisi/ akademisi, Pendampingan kegiatan minat bakat/ riset/ pengabdian masyarakat, Pendampingan branding melalui pencirian/ keunikan SMK, Fasilitator kompetisi/ LKS, Pendampingan manajemen mutu, Kerjasama dengan DU/DI.

Sambutan Wakil Rektor Bidang Kerjasama dan Internasional sekaligus membuka acara pagi ini kepada Bapak Prof. Dr. Achmad Nurmadi, M.Sc.

Beliau menyampaikan agar kerjasama yang selama ini telah terjalin dengan baik perlu diopti,alkan lago, UMY membuka kerjasama seluas-luasnya dalam berbagai bidang, diantaranya ruang lingkup Nota Kesepahaman ini meliputi: Pengembangan pengajaran, ilmu pengetahuan dan teknologi yang strategis untuk meningkatkan kinerja kedua instansi; Peningkatan kualitas pendidikan ilmu pengetahuan dan teknologi yang bermanfaat bagi masyarakat; Peningkatan dan Penguatan Jenjang Pendidikan Sumber Daya Manusia; Penguatan Kolaborasi Penelitian, Publikasi dan Pengabdian Kepada Masyarakat; dilanjutkan Prosesi Penandatanganan Kerjasama dengan 21 Sekolah SMK dan SMA.

SMK Muhammadiyah Karangmojo yang beralamatkan di Jl. Karangmojo-Ponjong Km 5, Karangmojo Gunungkidul, Pada saat ini masih menerima siswa baru dengan program keahlian : Teknik Kendaraan Ringan, Teknik dan Bisnis Sepeda Motor, Akuntansi Keuangan Lembaga, Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran dan Bisnis Daring  Pemasaran.

 Selain itu SMK Muhammadiyah Karangmojo juga memiliki Pondok Tafidz Al Qur’an Boarding School Darul Mujahidin, yang terletak di Lingkup SMK Muhammadiyah Karangmojo. Pada saat ini juga masih menerima santri baik dari dalam daerah ataupun luar daerah Yogyakarta.  Untuk Keterangan lebih lanjut bisa menghubungi 087839839710 ( call/WA )

 

Bagikan artikel ini ke