"Demi masa. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal shalih dan nasihat-menasihati supaya mentaati kebenaran dan nasihat-menasihati supaya menetapi kesabaran."
[QS : Al-‘Ashr/103:1-3].


Kutipan ayat Alqur'an Surat Al-’Asr tersebut menggambarkan bahwa kita semua berada dalam kerugian apabila kita membuang-buang waktu yang tidak kita gunakan dengan sebaik-baiknya. Ditengah Pandemi Covid 19 ini banyak diantara kita yang menyia-nyiakan waktu saat dirumah saja. Padahal banyak hal-hal postif yang dapat kita kerjakan saat berada dirumah diantaranya yaitu membaca.
Di jaman modern seperti sekarang ini kegiatan membaca tidak hanya dilakukan dengan buku fisik yang biasa dipegang dengan tangan. Kegiatan membaca juga tidak harus dilakukan di perpustakaan, karena ditengah masa pandemi seperti sekarang ini perpustakaan pun ikut disterilkan karena khawatir menjadi salah satu penyebab penularan virus covid 19.
Seiring dengan teknologi yang semakin canggih kini membaca buku juga bisa dinikmati dengan menggunakan gadget dan komputer., karena dengan kemajuan teknologi yang memudahkan saat ini banyak terdapat buku elektronik (e-book) yang bisa kita baca. Di SMK Muhammadiyah Karangmojo sendiri juga sudah menggunakan sistem otomasi dalam mengelola perpustakaan sekolah, diantaranya aplikasi Slims yang memudahkan para pemustaka untuk mencari sumber informasi secara online.
Salah satu sumber informasi atau pengetahuan yang dapat di akses secara virtual adalah perpustakaan digital. Perpustakaan digital adalah perpustakaan yang berbentuk electronic library yang memiliki koleksi buku dalam bentuk elektronik atau biasa di sebut e-Book. Di Perpustakaan "Pustaka Moeka Media Daksa" SMK Muhammadiyah Karangmojo sudah terdapat berbagai macam e-Book yang yang dapat dibaca secara online, mulai dari buku Agama Islam, buku pelajaran, buku umum, buku pengetahuan, buku fiksi dan buku non fiksi.

Cara mengakes nya pun sangat mudah, bisa menggunakan gadget dan komputer. 
Berikut cara mengakses e-Book "Pustaka Moeka Media Daksa" SMK Muhammadiyah Karangmojo :
1. Buka link https://pustakamoeka.smkmuhkarangmojo.sch.id/
2. Setelah muncul di halaman OPAC perpustakaan nanti bisa langsung mengetik judul buku yang dicari lalu klik search atau bisa langsung search untuk bisa langsung mengetahui buku apa saja yang kita koleksi.
3. Buku yang bisa dibaca online maka akan ada keterangan ketika kita mengklik gambar sampulnya.
Untuk membaca koleksinya pun tidak memerlukan kita untuk mendownload aplikasinya, cukup dibuka menggunakan link maka kita sudah bisa mengaksesnya. Dalam mengaksesnya pun kita tidak perlu membayar atau berlangganan karena bisa gunakan secara gratis. Membaca akan semakin menyenangkan tanpa harus repot-repot keluar rumah untuk mencari bukunya.
#SalamLiterasi
"Lebih banyak Anda membaca, lebih banyak hal yang Anda ketahui. Lebih banyak hal yang Anda pelajari, lebih banyak tempat yang Anda kunjungi." - Dr. Seuss

Bagikan artikel ini ke